Ticker

6/recent/ticker-posts

Inilah Cara Kerja dan Fungsi Oli Samping Pada Mesin Motor 2 Tak

Sebagai cairan pelumas yang berguna untuk melumasi bagian dalam mesin sehingga menjadikan setiap komponennya tidak mudah panas dan aus ketika bergesekan, menjadikan oli sangat penting bagi kendaraan. Meski demikian, tahukah Anda bahwa penggunaan oli pada motor pabrikan lama atau dikenal motor bertipe mesin 2 tak ini sendiri ternyata memiliki oli khusus bernama oli samping. Dari banyaknya pilihan oli samping terbaik di pasaran, tahukah Anda mengenai bagaimanakah cara kerja dan apa saja fungsi dari oli khusus yang satu ini? 

Bagaimanakah cara kerja oli samping pada kendaraan?

Perlu Anda ketahui, bahwa motor tipe 2 tak sendiri umumnya membutuhkan 2 jenis oli yakni oli mesin dan oli samping. Untuk oli mesin sendiri biasanya digunakan hanya sebagai pelumas komponen gigi transmisi di mesin. Sementara untuk oli samping sendiri umumnya berguna untuk melumasi berbagai komponen bergerak lainnya. Adanya oli samping inilah yang dapat menentukan bagaimana keawetan dan performa kendaraan yang dihasilkan.

Membahas lebih lanjut mengenai oli samping, jenis oli khusus pada motor 2 tak ini memiliki cara kerja yang terbilang unik. Dimana, oli samping bekerja dengan cara bercampur dengan bahan bakar yang nantinya akan diisi melalui tabung oli samping atau dicampur secara langsung melalui tangki bensin. Dari tabung itulah, nantinya terdapat pompa oli samping yang meneruskan ke karburator, ke kruk-as dan blok silinder.

Dikarenakan melakukan kinerja secara bersamaan dengan bensin, maka untuk oli samping dapat habis sehingga Anda wajib untuk memperhatikan penggunaan oli tersebut sebelum menggunakan motor untuk berkendara. Jika melihat dari kinerjanya sendiri, oli samping sendiri diklaim sebagai nyawa bagi mesin motor 2 tak. Ini dikarenakan, oli tersebut sangat mendukung performa dan keawetan piston dan kruk-as yang bergantung pada kondisi pelumas tersebut. 

Apa saja fungsi dari oli samping pada kendaraan?

Setelah mengetahui mengenai cara kerja dari pilihan oli samping terbaik, maka kini saatnya bagi Anda mengetahui beberapa fungsi yang ditawarkan jenis oli khusus pada kendaraan seperti berikut ini : 

  • Sebagai pelumas bagian – bagian mesin kendaraan seperti bagian head dan silinder pada mesin sebelum masuk ke ruang bakar.
  • Berguna untuk menjadikan gerak komponen – komponen dalam mesin kendaraan lebih halus dan mampu meningkatkan kinerja mesin motor.
  • Memberikan perlindungan dan pelumasan pada bagian komponen mesin agar terhindar dari masalah aus dan karat sehingga menjadikan motor lebih awet dan bisa bekerja dengan lancar. 

Dari beberapa penjelasan mengenai cara kerja dan fungsi oli samping pada kendaraan bermotor tipe 2 tak di atas, Anda tentunya ingin mendapatkan pilihan oli samping terbaik yang dijual di pasaran, bukan? Oleh karena itu, disini kami merekomendasikan pilihan oli samping berkualitas terbaik dari Idemitsu dengan menawarkan keunggulan seperti halnya selalu mengikuti perkembangan teknologi, harga terjangkau dan kemudahan dalam pembelian.

Posting Komentar

0 Komentar