Ticker

6/recent/ticker-posts

Lingkungan Sekolah yang Baik untuk Perkembangan Anak


 

Pendidikan terbaik berawal dari lingkungan sekolah terbaik. Lingkungan sekolah yang baik bukan hanya tentang prestasi akademik, namun menyeluruh hingga bagian detailnya seperti kebersihan sekolah. British Primary School Jakarta atau Bsj menjadi contoh sekolah dengan lingkungan yang baik untuk perkembangan anak. 

Ciri Sekolah dengan Lingkungan yang Baik

Seberapa baik lingkungan sekolah anak dapat dilihat dari fisik maupun sosial sekitar. Penting diketahui orangtua jika lingkungan adalah hal dasar yang harus jadi pertimbangan dalam memilih sekolah.

1. Pembelajaran

Jangan biarkan anak belajar dengan tertekan dan berakhir frustasi. Pembelajaran pada sekolah yang baik seperti bsj mengutamakan mengenali potensi anak. Karena setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda, di bsj, anak diberikan pembelajaran yang menyenangkan melalui media, metode, dan bahan ajar yang berstandar internasional.

2. Fasilitas

Apa jadinya jika sekolah tidak memiliki fasilitas yang lengkap? Tentu anak akan mengalami perkembangan yang kurang maksimal bukan?. Lingkungan sekolah yang baik memiliki fasilitas lengkap sebagaimana bsj memiliki, lapangan futsal, tempat gym, studio dance, kolam renang, laboratorium sains, laboratorium komputer, pusat musik, dan juga pusat bahasa. Dengan fasilitas yang lengkap, anak akan aktif explore diri dan lebih mudah menemukan potensi apa yang mereka miliki. 

3. Kebersihan

Pembelajaran akan merasa nyaman jika lingkungan sekitar bersih dan sehat. Jika lingkungan kotor, bau ruang akan mengganggu fokus anak dan pembelajaranpun tidak maksimal. Selain itu, dengan lingkungan yang bersih, akan mencegah anak dari sakit karena virus, bakteri, atau kuman yang biasa hidup di tempat kotor. 

4. Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendukung anak dalam upaya mengasah kemampuan dan keterampilan sesuai bidang yang diinginkan. Contoh ekstrakurikuler adalah basket, berenang, menari, menyanyi, kelas sains, ataupun bermain musik. Dengan kelas ekstrakurikuler, anak akan terbantu untuk menyalurkan hobi sekaligus bakat mereka. Ekstrakurikuler juga sebagai jalan anak dalam mempersiapkan diri pada prestasi-prestasi yang lebih besar. 

5. Loyalitas dan Kekeluargaan

Lingkungan sekolah yang baik mengajarkan nilai moral yang tinggi. Contoh sikap penting yang harus ada dalam pendidikan adalah loyalitas dan kekeluargaan. Sikap kekeluargaan akan mempererat hubungan satu sama lain bai kantar siswa maupun guru dan seluruh elemen yang ada di sekolah. Dengan lingkungan yang loyalitas dan kekeluargaannya tinggi, anak akan lebih semangat belajar di sekolah karena suasana hangat dan ramah membuat anak nyaman dan senang. 

6. Peraturan Sekolah

Sekolah yang baik memberikan peraturan yang realistis dan berpendidikan. Peraturan yang keras tidak selalu bisa menjadi solusi mendisiplinkan anak. Melainkan peraturan yang terarah dan sesuai dengan karakter pendidikan akan lebih membuat anak memahami esensi dari peraturan dibuat. 

6 poin diatas adalah ciri-ciri lingkungan yang baik untuk masa tumbuh kembang anak. Dengan memperhatikan secara detail lingkungan sekolah, orangtua telah membantu anak dalam memaksimalkan potensinya.

Posting Komentar

0 Komentar