Ticker

6/recent/ticker-posts

AC Cepat Rusak? Hindari Beberapa Kebiasaan Buruk di Mobil Berikut Ini

Kenyamanan berada di dalam mobil tentunya karena ada fitur AC yang selalu bekerja menghadirkan udara yang sejuk dan suhu yang dingin. Sehingga sekarang semua orang yang masuk ke dalam mobil akan langsung menyalakan AC agar langsung nyaman dan tidak perlu merasakan panas lagi. Hal ini membuat penumpang tidak bisa lepas dari fungsi AC, lalu bagaimana jika AC tidak berfungsi? apakah penumpang masih betah berada lama-lama di dalam mobil? tentu jawabannya tidak.

Dari sini tentunya bisa mengambil kesimpulan bahwa AC mobil harus dirawat dengan benar dan menghindari hal-hal yang buat AC jadi cepat rusak. Berikut ini akan dijelaskan berbagai kebiasaan buruk baik pengemudi atau penumpang yang mesti dihindari agar kinerja AC bisa bertahan lama.

Terbiasa merokok ketika di dalam mobil

Saat merokok tentunya akan menghasilkan asap sekaligus abu rokok yang bisa langsung masuk ke filter AC sekalipun membuka jendela. Tentunya ini akan berdampak pada filter yang cepat kotor sehingga aliran udara menjadi terhambat dan mempengaruhi kesejukan di dalam mobil. Sebaiknya jika memang ingin merokok, maka harus di luar mobil dan usahakan jangan berada di dalam mobil. Apalagi jika banyak orang yang merokok membuat bagian interior bau rokok.

Jendela lama dibuka

Saat AC menyala sebaiknya tidak perlu membuka jendela pada waktu yang lama karena bisa memberatkan kinerja dari kompresor yang harus bisa menyesuaikan suhu di dalam dengan di luar mobil. Jika kompresor rusak maka AC tidak bisa memberikan suhu yang ideal dalam mobil. Jadi sebaiknya ketika sudah berada di jalan dan AC nyala, usahakan tidak perlu membuka jendela untuk hal-hal yang tidak perlu.

Salah beli pengharum

Pengharum ruangan di mobil memang dibutuhkan tetapi jangan sampai salah beli pengharum dengan bentuk gel karena bisa menguap untuk menyebarkan wangi. Apalagi saat gel tersebut terkena suhu yang dingin, maka uap yang wangi akan berubah lagi menjadi gel dan akan masuk ke filter AC dan menghambat aliran udara.pada filter. Jadi sebaiknya beli pengharum dalam bentuk cair saja yang bisa digantungkan pada titik tertentu.

Mesin mobil mati tapi AC masih nyala

Kebiasaan buruk yang mesti dihentikan agar tidak membuat rusak AC adalah jangan mematikan mesin mobil saat AC dalam kondisi menyala. Sehingga saat nanti kembali menyalakan mesin maka AC akan aktif dengan otomatis. Padahal cara ini membuat kinerja aki menjadi tidak maksimal sehingga bisa berdampak pada kelistrikan AC. 

Itulah kebiasaan buruk yang harus dihentikan sekarang juga agar AC bisa awet dan tidak cepat rusak. Jika merasa bahwa kendaraan pribadi sudah mulai banyak komponen yang mesti diganti tetapi harus menyediakan biaya yang cukup besar, maka pikirkan untuk menjual kendaraan tersebut. Jual kendaraan sekarang sangat mudah dengan hadirnya IBID yang menjadi balai lelang mobil dan produk otomotif lainnya. Cek daftar mobil yang sedang dalam proses lelang dengan mengakses https://www.ibid.astra.co.id/ sekarang juga.

Posting Komentar

0 Komentar