Ticker

6/recent/ticker-posts

Awas! 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kuota Internet Cepat Habis

penyebab kuota internet jadi cepat habis

Bagi Anda yang tidak berlangganan paket WiFi unlimited akan lebih sulit menghemat paket data smartphone. Jatah kuota yang harusnya bisa sebulan sering kali habis sebelum waktunya karena banyaknya aplikasi yang digunakan. Hal ini tentunya bikin pengeluaran bulanan membengkak.

Ada beberapa faktor yang membuat kuota internet cepat habis, salah satunya adalah pembaruan otomatis pada aplikasi di smartphone Anda. Selain itu, lima kebiasaan ini ternyata juga bisa membuat paket data ludes, lho. Yuk, cari tahu lebih lanjut lewat ulasan berikut ini.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Dilansir dari Fimela, inilah sejumlah kebiasaan yang menyebabkan paket data cepat habis.

Sering Bermain Game Online

Bermain game online di waktu luang tidak hanya mengasyikkan, tapi juga bisa jadi sarana untuk mengurangi stres. Jika hanya sesekali, kuota Anda masih aman. Namun, bila terlalu sering memainkan game online di ponsel, paket data Anda akan cenderung lebih habis.

Apalagi jika Anda termasuk pencinta game dan memiliki lebih dari satu aplikasi permainan di smartphone. Untuk mengatasinya, tentukan jadwal bermain game dan cobalah untuk mematuhinya.

Tidak Membatasi Kuota Internet

Penyebab yang kedua adalah tidak membatasi kuota internet. Membeli paket internet sebulan memang lebih hemat daripada harian. 

Namun, jika Anda tidak membatasi penggunaan kuota internet, maka paket data akan lebih cepat habis. Jika provider yang Anda gunakan tidak membatasi penggunaan harian, maka Anda bisa membatasinya dengan mengaktifkan fitur di smartphone.

Punya Banyak Aplikasi yang Menyedot Kuota

Beberapa aplikasi smartphone ternyata juga memakan banyak kuota, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Selain itu, sejumlah aplikasi streaming seperti YouTube, Spotify, dan Netflix juga membuat kuota internet Anda cepat habis.

Oleh karenanya, Anda perlu membatasi penggunaan aplikasi tersebut. Jika ingin streaming atau selancar di sosial media dalam waktu lama, sebaiknya gunakan jaringan WiFi agar paket data Anda tidak ludes.

Terlalu Sering Menggunakan Google Maps

Banyak yang mengandalkan Google Maps untuk mencari alamat yang belum pernah dituju. Selain hasil yang akurat, menggunakan Google Maps juga dinilai lebih mudah.

Sayangnya, penggunaan Google Maps bisa membuat kuota internet cepat habis. Bila ingin menggunakan Google Maps saat perjalanan menuju tempat yang belum pernah Anda datangi, sebaiknya aktifkan fitur offline agar lebih hemat kuota.

Selain empat penyebab di atas, pembaruan aplikasi secara otomatis juga sering menguras kuota internet. Untuk menyiasati penggunaan kuota internet saat di rumah, Anda bisa mengandalkan jaringan WiFi.

Dengan paket WiFi unlimited, Anda bisa sepuasnya streaming musik, video, hingga bermain game online. Saat tidak tersambung dengan jaringan WiFi, aktifkan peringatan penggunaan berlebihan agar kuota lebih terkontrol.

Posting Komentar

0 Komentar